Pages

Labels

Selasa, 11 Juni 2013

Intel Hadirkan UI Obsidian di Smartphone Tizen

http://images.detik.com/content/2013/06/11/317/inteltizenobsidianui590x368.jpg
Apa bentuk kontribusi Intel dalam proyek pengembangan OS Tizen? Tampilan user Interface (UI) dengan nama kode Obsidian, adalah salah satunya. Ya, rupanya UI buatan Intel ini tak hanya akan muncul di smartphone Android dengan otak Intel, tetapi juga di smartphone Tizen.

Obsidian sedikit mirip seperti kombinasi Windows Phone dan theme Holo Android. Memang belum ada informasi detail lain mengenai UI ini, namun beredar video dan screenshot Obsidian yang dibocorkan pertama kalinya oleh Ars Technica.

Secara keseluruhan, UI ini boleh dibilang hanyalah sebuah estetika yang berbeda. Meski demikian, terdapat sepasang funsionalitas yang menarik di dalamnya.

Yang pertama, peek panel. Ini adalah area di bagian bawah layar tempat aplikasi dapat digunakan untuk menampilkan kontrol atau data minimum. Pengaturan aplikasi menampilkan checkbox yang mengalihkan mode airplane atau WiFi, data, dan koneksi bluetooth secara individual. Aplikasi lain bisa menggunakan peek panel untuk menampilkan task seperti berbagi konten atau jejaring sosial.

Kedua, adalah cara Obsidian membuat pengguna tahu jika sebuah aplikasi membutuhkan perhatiannya. Ikon kotak yang diputar 45 derajat akan menampilkan aplikasi atau tugas apa saja yang perlu ditangani.

Tizen dan Obsidian tampaknya bisa menampilkan event yang saling berhubungan, seperti call atau text messages dari kontak yang sama secara virtual. Obsidian saat ini masih dalam pengembangan. Belum diketahui kapan UI ini rampung dan siap menghiasi smartphone berbasis Tizen.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blog Archive