Pages

Labels

Senin, 10 Juni 2013

Apa Fitur Baru di OS X 10.9 Mavericks?

http://images.detik.com/content/2013/06/11/317/osxmavericks460.jpg
Apple baru saja mengumumkan kehadiran OS X 10.9 dengan kode nama Mavericks. Tentu saja, ada penyematan sejumlah fitur baru di sistem operasi ini.

Sebelum memulai memamerkan kemampuan baru OS X Mavericks, CEO Apple Tim Cook terlebih dahulu membeberkan sejumlah prestasi yang sudah diraih oleh Mac.

Hingga saat ini, Mac sudah terpasang hingga 75 juta unit. Sedangkan pertumbuhan Mac dalam lima tahun terakhir sebesar 15%. Apple boleh menepuk dada, sebab di sisi lain pertumbuhan PC cuma 3%.

Setelah Cook turun panggung, gantian giliran Craig Federighi selaku Apple Senior Vice President Software Engineering yang unjuk gigi mengenai kelebihan dari OS 10.9.

Apa sajakah itu? Simak rangkumannya

1. Finder dan Tagging

http://images.detik.com/content/2013/06/11/317/093245_finder.jpg
Pencarian sejumlah file atau dokumen apapun melalui Finder, kini bisa lebih mudah karena tampilannya yang hadir dalam bentuk beberapa jendela sekaligus.

Walau bisa membuka dalam beberapa jendela, namun pengguna juga dapat menggabungkan menjadi satu jendela.

Selain Finder dengan tab, pengguna OS X 10.9 nantinya pun dapat menggunakan tag, selain dari label untuk memudahkan dalam pencarian.

2. Integrasi Apple Maps

http://images.detik.com/content/2013/06/11/317/093436_maps.jpg
Setelah di iOS, Apple akan membenamkan peta digital besutannya ke OS X terbaru. Termasuk tambahan integrasi peta ke sejumlah situs jejaring sosial seperti Twitter.

Seperti halnya Apple Maps versi iOS, terdapat pula beberapa fitur seperti Street Maps, Flyover 3D, turn by tur direction, dan kemampuan mengirimkan lokasi dari komputer ke iPhone.

Agar lebih interaktif, Apple akan memberikan KIT API untuk Apple Maps, agar para pengembang bisa mengintegrasikan aplikasinya ke peta.

3. Aplikasi Kalender

http://images.detik.com/content/2013/06/11/317/093505_calender.jpg
Apple juga memperbarui aplikasi kalender untuk OS X dengan tampilan baru.

Aplikasi kalender teranyar ini tampil lebih bersih, UI lebih minim dan bakal menambah integrasi dengan Maps, sehingga memungkinkan pengguna untuk menambah dan melihat lokasi langsung dari app.

Dengan tampilan yang lebih segar dan mirip notes, pengguna bisa melihat jadwal yang sudah dibuat dengan lebih nyaman dan terkontrol.

4. Multiple Display

http://images.detik.com/content/2013/06/11/317/093542_multiple.jpg
Fitur bernama multiple display ini memungkinkan pengguna membuka lebih banyak jendela dalam satu layar. Ini tentu saja untuk memudahkan pekerjaan.

Kendati mampu membuka banyak display, namun di update ini tidak mengacaukan display lainnya bila pengguna masuk dalam posisi full screen.

5. Safari

http://images.detik.com/content/2013/06/11/317/093611_safariosmavericks.jpg
Berselancar di dunia maya akan jauh lebih cepat dengan update Safari terbaru. Apple mengklaim,  browser besutannya dapat memproses Javascript dengan lebih cepat.

Tidak hanya itu, karena Safari memakan CPU usage lebih kecil maka scrolling di alat peramban ini menjadi lebih kencang dan lancar.

Sidebar di Safari juga menambahkan Shared Links yang mampu mengumpulkan link dari jejaring sosial yang dihubungkan oleh penggunanya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blog Archive