Pages

Labels

Sabtu, 16 November 2013

Tahun Depan, AMD Bawa Kemampuan PS4 ke PC


Pertama kali dipertunjukkan pada gelaran Computex 2013 di Taipei, Juni lalu, prosesor terbaru dari AMD yang memiliki kode nama "Kaveri" dipastikan bakal mulai hadir mulai tahun depan, tepatnya pada 14 Januari 2014.

Hal tersebut diungkapkan oleh wakil presiden senior dan manajer umum unit bisnis Global AMD Lisa Su

Su menjanjikan bahwa chip yang meneruskan tongkat estafet dari keluarga prosesor "Richland" ini akan membawa kapabilitas grafis seperti PlayStation 4 ke PC. Ini diwujudkan melalui dukungan Application Programming Interface (API) Mantle yang dikembangkan khusus untuk pengolah grafis bikinan AMD, termasuk chip GPU terintegrasi pada Kaveri.

PlayStation 4, berikut konsol saingannya, Xbox One dari Microsoft, memang turut diperkuat oleh prosesor besutan AMD yang dirancang khusus untuk kedua mesin game tersebut.

"Kaveri menggunakan inti CPU yang baru, berbasis arsitektur Steamroller, serta diperkuat inti GPU graphics core next dengan kemampuan serupa konsol game generasi berikutnya," ujar Su.

Kaveri mengusung desain Heterogeneous System Architecture (HSA) yang secara teoritis memungkinkan GPU terintegrasi pada prosesor tersebut lebih mudah diakses dan dimanfaatkan oleh developer dibandingkan sebelumnya.

Baik CPU maupun GPU pun bisa diamanfaatkan dengan efisien sesuai dengan kelebihan masing-masing. CPU akan menangani tugas-tugas pemrosesan serial sementara GPU mengambil alih pemrosesan pararel, seperti rendering efek visual pada aplikasi video editing. Kaveri akan menjadi prosesor pertama dari AMD yang menerapkan HSA.

Kaveri sendiri awalnya akan hadir dalam bentuk chip socket FM2+ untuk desktop, notebook, serta produk-produk server dan embedded Computing. Informasi lebih detail tentang prosesor baru AMD ini akan diungkapkan pada perhelatan Consumer Electronic Show 2014, Januari tahun depan.

0 komentar:

Posting Komentar