Pages

Labels

Sabtu, 16 November 2013

Linksys X3500, Router Kaya Akan Konektivitas

https://www.linksys.com/videos/gallery/721/304/X3500%20Right.png
Tak dapat dipungkiri, meningkatnya penggunaan perangkat pintar sedikit banyak telah mengubah gaya hidup saat ini. salah satunya yang cukup mencolok adalah penggunaan router di area rumah.

Bila dulunya router kebanyakan hanya difungsikan sebagai sumber koneksi internet, kini lebih jauh dari itu, perangkat router juga dituntut ‘smart’ untuk dapat mengikuti teknologi konektivitas yang disodorkan oleh banyak produsen smartphone.

Salah satu yang menawarkan kemampuan tersebut adalah LinkSys. Mengandalkan router WiFi berseri X3500, pabrikan yang kini dimiliki Belkin ini berusaha memikat konsumer lewat berbagai fitur terkini dan fleksibilitas pilihan konektivitas yang disuguhkannya.

1. Konektivitas Komplet

http://images.detik.com/content/2013/11/15/406/151641_gbr2.jpg

Kelebihan paling mencolok yang ditawarkan router WiFi LinkSys X3500 terletak pada pilihan konektivitas yang terbiang komplet.

Bila sebagian besar pengguna internet membutuhkan modem ADSL sebelum akhirnya dihubungkan ke router, menggunakan X3500 penggunanya tak akan lagi direpotkan oleh hal tersebut.

Selain mengandalkan konektor LAN sebagai sumber koneksi internet, X3500 juga telah mengintegrasikan port ADSL di bagian konektivitas internetnya. Artinya, pengguna pun tak perlu lagi repot-repot menyediakan modem ADSL untuk menikmati internet dari provider.

Kelebihan lain yang dimilikinya adalah port USB yang dimilikinya. Menggunakan port USB ini penggunanya seakan memiliki media server sendiri.

Cukup mencolokkan media penyimpanan seperti HDD eksternal pada port USB tersebut, seketika pengguna telah memiliki network-storage yang dapat digunakannya untuk sekedar menyimpan file atau bahkan menjalankan file tersebut dari perangkat lain yang terhubung pada X3500 seperti notebook, smartphone, atau bahkan smart TV.

Namun untuk memungkinkan hal tersebut, pastikan perangkat yang terhubung telah mendukung teknologi DLNA untuk dapat menikmati kemudahan yang ditawarkan X3500.

Salah satu fitur ciamik yang disodorkan X3500 sudah pasti adalah dukungan DLNA. Mengandalkan fitur yang telah banyak diadaptasi oleh produsen smartphone ini, pengguna bakal dengan mudah saling bertukar file dalam satu jaringan.

Mungkin hal semacam ini memang sudah tidak asing bagi pengguna notebook ataupun komputer. Namun bagi perangkat seperti smartphone, tablet, multimedia player, smart TV hingga konsol game, DLNA memberikan kemudahan tersendiri karena penggunanya dapat dengan mudah menjalankan file yang ada pada media server.

Dengan kata lain, saat terhubung pada jaringan X3500, menggunakan smartphone miliknya pengguna dapat mendengarkan musik atau bahkan menonton film dari file yang berada pada perangkat lain semisal media server.

Fitur lain yang tak kalah ciamik adalah sebuah aplikasi bernama Connect Express. Tak hanya mengandalkan menu berbasis web dan aplikasi pada komputer, pengguna juga bisa melakukan konfigurasi melalui smartphone miliknya.Connect Express
Untuk melakukannya pengguna hanya perlu men-download aplikasi Connect Express melalui Google Play ataupun AppStore. Setelahnya, pengguna X3500 dapat bebas mengutak-atik X3500 sesuai keinginannya dari smartphone di genggamannya.

3. Dukungan Teknologi Wireless dan Jaringan Teranyar

http://images.detik.com/content/2013/11/15/406/153027_gbr3.jpg
Menggunakan X3500 penggunanya dipastikan tak perlu kuatir soal isu kompatibilitas terhadap wireless client. Router WiFi yang satu ini telah disiapkan oleh Linksys untuk mengakomodir berbagai jenis wireless client baik yang berjalan pada frekuensi 2,4 GHz maupun 5 GHz.

Meski belum mendukung teknologi wireless teranyar 802.11ac, namun teknologi wireless yang didukung X3500 juga sudah terbilang lengkap yakni 802.11a/b/g/n. Dengan teknologi wireless tersebut, X3500 pun diklaim sanggup menawarkan kecepatan data mencapai 300 Mbps (2,4 GHz) dan 450 Mbps (5 GHz).

Sedangkan bila beralih ke bagian port LAN, X3500 menyodorkan 4 port untuk kabel LAN yang seluruhnya telah menawarkan teknologi Gigabit, yang secara teori sanggup menghantarkan data dengan kecepatan maksimal mencapai 1 Gbps.

Sebagai catatan, kecepatan tertinggi sejatinya hanya angka diatas kertas. Dalam kenyataannya, jarang perangkat router yang mampu menyodorkan kecepatan transfer data maksimal. Kesuksesan cepat atau tidaknya sebuah paket data terkirim sepenuhnya dipengaruhi oleh lingkungan pada jaringan tersebut.

4. Desain dan Kelengkapan

http://images.detik.com/content/2013/11/15/406/153218_gbr4.jpg
Secara desain Linksys X3500 tidak teralu istimewa. Bentuk yang ditawarkanya pun tidak jauh berbeda dengan kebanyakan router besutan Linksys. Dibandingkan dengan perangkat router dari produsen lainnya pun masih memiliki garis desain serupa dengan bentuk mengotak dengan sisi yang membulat.

Namun untuk urusan LED indicator, X3500 boleh lah diacungi jempol. Tidak sekedar LED indicator untuk  power, WiFi, dan internet, X3500 juga menyodorkan indikator untuk keempat port LAN dan sebuah indikator yang mewakili proses reset router.

Mengenai kelengkapannya, yang hadir dalam paket penjualan X3500 terbilang standar. Pengguna akan menemukan beberapa aksesoris pendukung mulai dari sebuah adaptor listrik, kabel LAN, kabel DSL, serta sebuah CD aplikasi  berikut beberapa lembar quick installation guide dan kartu garansi.

Linksys X3500

0 komentar:

Posting Komentar